CARI DI PENELUSURAN KHUSUS AYAM ADUAN 100% JAWARA JAMINAN MENANG..!!!

Cara Mengatasi Penyakit Mareks Pada Ayam

Ada dua tipe penyakit mareks, adalah klasik dan akut. Mareks tipe klasik menyerang susunan syaraf tepi.

Gejalanya berupa kelumpuhan pada kaki, sayap, akses pernafasan, dan leher. Jika tidak segera ditangani, janjkematian sanggup terjadi dalam beberapa hari atau beberapa ahad sehabis tanda-tanda muncul. Namun, angka janjkematian yang sebabkan penyakit ini relatif rendah.


Berbeda dengan tipe klasik, angka janjkematian pada tipe akut lebih tinggi. Ayam yang terjangkit tipe akut sanggup mati mendadak tanpa diawali tanda-tanda sakit sebelumnya. Bagian yang terjangkit terutama organ pecahan dalam, menyerupai hati, paru-paru, jantung, dan ginjal. Serangan pada alat reproduksi ditandai dengan tumbuhnya benjolan atau tumor.

Penularan penyakit ini melalui kontak eksklusif atau tidak langsung. Kontak eksklusif terjadi kalau sisik kulit atau epitel yang mengandung virus terpengaruhi ayam sehat. Sementara itu, kontak tidak eksklusif terjadi kalau sisik kulit yang mengandung virus tercampur makanan, minuman, atau tinja.

Sampai ketika ini belum ada obat yang sanggup menyembuhkan ayam yang terjangkit penyakit mareks. Jika ditemukan ayam yang terjangkit penyakit mareks, segera musnahkan agar tidak menjadi sumber penyakit bagi ayam lain. Pencegahannya sanggup dilakukan dengan vaksinasi anti mareks pada DOC dan menyucihamakan sangkar atau membersihkan kandang.

Gejala Ayam Yang Terserang Mareks

  • Kelumpuhan pada satu atau dua kaki atau sayap.
  • Ayam mengalami kehilangan cairan tubuh (kehilangan cairan tubuh) sehingga ayam menjadi kurus kering. 
  • Proventrikulus mengalami tumor, limpa, hati dan ginjal membesar.
  • Kepala ayam sanggup menggantung dan meluntir. 
  • Tembolok melebar dan sulit bernafas.
  • Pucat.
  • Berat tubuh turun.
  • Tidak punya nafsu makan dan diare.
Referensi :
http://infokandangayam.blogspot.com//search?q=cara-mengatasi-infectious-laryngo-tracheitis

Subscribe to receive free email updates: