CARI DI PENELUSURAN KHUSUS AYAM ADUAN 100% JAWARA JAMINAN MENANG..!!!

Cara Menanam Apel Dengan Baik

Tanaman apel sanggup ditanam di kebun secara gabungan dengan tumbuhan lain (intercroping) maupun secara khusus tidak dicampur dengan tumbuhan lain (monokultur). Intercroping sanggup dilakukan hanya hingga umur tumbuhan apel 2 tahun atau tanah belum tertutup tajuk-tajuk daun. Tanaman apel tidak sanggup ditanam pada jarak yang terlalu rapat, alasannya akan menjadi sangat rimbun yang akan menjadikan kelembaban tinggi, sirkulasi udara berkurang, sinar matahari terhambat, dan akan meningkatkan pertumbuhan penyakit.
 
Persiapan kebun
- Sebelum tanam apel, sebaiknya dibentuk tata ruang (design) kebun sehingga diketahui secara niscaya titik-titik penanaman apel, susukan irigasi/drainase, jalan kebun, dan lain-lain.
- Lalu kebun dibersihkan dari rumput/semak/gulma, sekaligus dilakukan pengolahan tanah.
- Pembuatan lubang tanam diawali dengan pemasangan ajir untuk tanda kawasan tanam apel pada kebun. Ajir pertama ditancapkan di salah satu sudut kebun, dengan memakai tali ditarik garis untuk memilih ajir berikutnya sesuai bentuk dan jarak yang telah ditentukan. Bentuk penanaman sanggup segiempat atau segitiga.
- Ajir ialah kawasan tanam apel, sehingga jarak ajir satu dengan ajir lainnya sama dengan jarak tanam. Jarak tanam yang ideal untuk tumbuhan apel tergantung varietas. Untuk varietas Manalagi dan Princess Noble ialah 3 x 3,5 m atau 3,5 x 3,5 m, sedangkan varietas Rome Beauty dan Anna lebih rapat 2 x 2,5 m atau 2,5 x 2,5 m atau 3 x 3 m.
 
Pembuatan lubang tanam
- Setelah kebun siap, tahap berikutnya menciptakan lubang tanam. Lubang tanam sebaiknya dibentuk pada tamat ekspresi dominan kemarau.
- Ukuran lubang tanam: lebar : panjang : dalam = 50 x 50 x 50 cm atau 1 x 1 x 1 m.
- Cara menciptakan lubang tanam: separuh tanah kepingan atas ditaruh sebelah kiri lubang dan separuh tanah kepingan bawah ditaruh sebelah kanan lubang, sehingga terpisah.
- Masing-masing kepingan tanah dicampur dengan pupuk organik (antara lain: pupuk kandang, bokasi, kompos) sebanyak 20 kg atau 2 kaleng minyak.
- Lubang dibiarkan 1 - 2 minggu, gres siap untuk menanam apel.
 
Cara menanam
- Penanaman apel sebaiknya dilakukan pada ekspresi dominan penghujan.
- Penanaman apel dimulai dengan memasukan tanah kepingan bawah ke dalam lubang.
- Lalu taruh bibit apel ditengah-tengah lubang sambil diatur akarnya supaya menyebar.
- Masukan tanah galian kepingan atas kedalam lubang hingga sebatas leher akar, sambil ditekan-tekan secara perlahan dengan tangan supaya bibit tertanam besar lengan berkuasa dan tegak lurus dengan tanah.
- Bibit diperkuat dengan ajir bambu/kayu dan diikat supaya tidak gampang roboh. Ikatan batang bibit dengan ajir supaya longgar supaya tidak melukai kulit batang dan ikatan dengan simpul hidup ibarat angka delapan.

Subscribe to receive free email updates: