CARI DI PENELUSURAN KHUSUS AYAM ADUAN 100% JAWARA JAMINAN MENANG..!!!

Kenali Jenis Ayam “Ketawa” Yang Lucu Dan Unik!

Kenali Jenis Ayam “Ketawa” Yang Lucu dan Unik!

Kenali Jenis Ayam “Ketawa” Yang Lucu dan Unik!


Sabung Ayam Online - Bagi kau para pecinta ayam hias, tentu saja tidak akan gila dengan ayam yang satu ini. Ya, ayam ini dinamakan Ayam Ketawa. Nama yang cukup unik bukan? Namun tunggu dulu, nama ini bukan sembarangan diberikan lho…karena ada beberapa faktor maka disebut dengan ayam ketawa.
Jenis ayam ini dikatakan sebagai ayam ketawa lantaran suaranya yang berbeda dengan ayam lainnya. Suara ayam ketawa sangatlah menyerupai mirip bunyi orang yang sedang tertawa. Oleh lantaran itu, ayam ini diberi nama ayam ketawa.
Ayam orisinil Indonesia ini juga disebut ayam jantan dari timur berasal dari kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Fisik ayam ini sama dengan ayam lain pada umumnya, hanya saja suaranya yang membedakan ayam ketawa dengan ayam lainnya.
Uniknya, bunyi ayam ini membuatnya menjadi cukup banyak peminatnya. Namun, ayam ketawa atau dalam bahasa bugis disebut dengan “Manu Gaga” ini termasuk dalam kategori unggas yang telah dilindungi. Hal ini disebabkan lantaran jumlah populasinya yang semakin usang semakin menurun dan sanggup dikatakan hampir punah.
Ayam ketawa ini sudah dari zaman dulu dikenal oleh masyarakat. Namun, pada zaman dulu, ayam ketawa hanya dipelihara oleh kaum aristokrat bugis saja. Karena, ayam ketawa ini menjadi sebuah simbol status sosial seseorang di masyarakat yang menggambarkan atau menawarkan wacana kesuksesan dan keberanian (jantan).

Deskripsi Ayam Ketawa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau fisik ayam ketawa ini tidak ada perbedaan yang sanggup di signifikan dengan ayam lain pada umumnya. Keunikan ayam ini terdapat pada suaranya yang terdengar menyerupai orang sedang tertawa.
Ayam ketawa ini jikalau bertelur sanggup menghasilkan sekita 11-13 telur ayam betina yang produktif. Tetapi, tidak semua telur sanggup ditetaskan. Telur yang mempunyai daya tetas yang tinggi biasanya terdapat pada telur yang ke empat dan seterusnya.
Untuk telur yang pertama hingga ketiga, daya tetasnya sanggup dikatakan sangat rendah. Ayam ini mempunyai perbedaan nama antara ayam jantan dengan ayam betina. Ayam ketawa jantan disebut dengan Lai, sedangkan ayam ketawa betina disebut dengan Birang.

Habitat Ayam Ketawa

Habitat orisinil ayam ketawa berada di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Kabupaten Sidrap ini terletak sekitar 183 kilometer arah Utara. Tetapi, di kawasan Sulawesi, ayam ketawa ini lebih banyak kita temukan di kawasan Baranti, Panca Rijang, Benteng, Simpo Arasi’e dan dipelihara di lingkungan keluarga.
Daerah-daerah tersebut merupakan kawasan yang dipakai untuk beternak ayam ketawa. Dan jikalau kau ingin melihat peternakan ayam ketawa atau membeli ayam ketawa ini, kau sanggup mengunjungi daerah-daerah tersebut.

Jenis-jenis Ayam Ketawa

1.Ayam Ketawa Bakka
Ayam Ketawa Bakka yakni ayam ketawa yang mempunyai warna bulu putih mengkilap. Warna dasar putih tersebut dihiasi atau dikombinasikan dengan warna orange, hitam, dan merah; sedangkan kakinya berwarna putih atau hitam.
2.Ayam ketawa Bori Tase
Ayam ketawa Bori Tase’ yakni ayam ketawa yang mempunyai warna dasar merah yang dihiasi dengan bintik-bintik berwarna kuning keemasan.
3.Ayam Ketawa Korro
Ayam Ketawa Korro yakni ayam ketawa yang mempunyai warna bulu hitam. Warna dasar hitam tersebut dihiasi atau dikombinasikan dengan warna hijau atau putih, dan kuning mengkilap; sedangkan kakinya berwarna kuning atau hitam.
4.Ayam Ketawa Ijo Buota
Ayam Ketawa Ijo Buota yakni ayam ketawa yang mempunyai warna hijau. Warna dasar hijau tersebut dihiasi dengan warna merah dan di pecahan sayapnya diselingi dengan warna hitam; sedangkan kakinya berwarna kuning.
5.Ayam Ketawa Ceppaga
Ayam Ketawa Ceppaga yakni ayam ketawa yang mempunyai warna bulu hitam. Warna dasar hitam tersebut dihiasi dengan warna hitam dan putih. Ditambah dengan warna putih di pecahan badannya hingga pangkal leher; sedangkan kakinya berwarna hitam.
6.Ayam Ketawa Lapping
Ayam Ketawa Lapping dalah ayam ketawa yang mempunyai warna bulu hitam dengan merah hati dan mata putih. Kata Lapping ini berasal dari bahasa Bugis yang berarti menampung harta, sehingga dipercaya jenis ayam ketawa ini sanggup menampung harta.

Jenis Suara Kokok Ayam Ketawa

Terdapat tiga interval bunyi kokok ayam Ketawa, antara lain:
– Garetek yakni bunyi kokok ayam ketawa dengan interval cepat.
– Gaga yakni bunyi kokok ayam ketawa dengan interval lambat.
– Dodo yakni bunyi kokok ayam ketawa dengan mendayu-dayu.

Harga Ayam Ketawa

Harga ayam ketawa tergolong tidak terlalu mahal. Untuk anakan yang berusia sekitar 1 bulan dihargai sekitar 150rb/ekor. Namun, untuk ayam yang berusia sekitar 3 bulan harganya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu sekitar 600ribu hingga 700ribu/pasang.
Untuk ayam ketawa cukup umur sanggup dibandrol dengan harga sekitar 800ribu. Harga ini sanggup naik tergantung dengan kualitas ayamnya. Sedangkan harga ayam ketawa jantan cukup umur sanggup mencapai 1 juta keatas.

Subscribe to receive free email updates: